0

keluarga baru, pengalaman baru, dan cerita baru

bismillahirahmanirahim…

assalamualaikum wr. wb.

selamat sore…

gue pengen sharing sesuai sama judul tulisan gue, keluarga baru pengalaman baru cerita baru.

jadi waktu semester 4 gitu gue sama temen gue itu kepikiran pengen ngelamar jadi aslab (asisten laboraturium) psikologi alhasil gue nanya-nanya aja sama senior gue nah ternyata lamarannya baru bisa kalo gue masuk semester 6 nanti.

udah tuh semester 4 dan 5 berakhir~ pas awal januari 2014 gue dapet info dari temen gue kalo lab lagi buka lowongan aslab dengan berbagai persyaratan termasuk minimal nilai sesuai matkul yang ada di lab sama minimal ipk, untung ipk gue masih bisa masuk wkwkwk! lalu gue sama temen gueeeeh si fathin ngelamarlah dengan ngumpulin berkas-berkas itu. hmmm kira-kira 2 minggu lebih gue nunggu ada telpon dari lab kalo gue sama fathin harus dateng psikotes terus udah tuh ya dateng. selanjutnya gue yang lagi di kereta tiba-tiba ada telpon ternyata dari lab lagi yaa paling jaraknya semingguan dari psikotes itu dan katanya gue disuruh dateng lagi ke lab buat wawancara. wewwww gue kaget dong plus deg-degkan juga secara belum pernah di interview buat kerja. pas interview sama dosen sih enaklah ya karena gue di interview sama bu ursa eh gue kira udah beres ya ternyata mesti di interview juga sama aslabnya dan ditanya-tanyain soal materi lab aduuuuuh itu gue gagap banget jawabnya karena itu materi anak semester 2 selain itu gue juga ditanya tentang gimana cara gue solve the problem. nah gara-gara gue gagap jawabnya gue jadi ngerasa agak pesimis karena gue ga terlalu menguasai materinya😦 jreng jreng setelah nunggu hampir seminggu lebih gue dapet sms dari temen gue yang ga ikutan aslab katanya gue diterima jadi aslab huahahahahahaha seriusan apa?? salah ketik nama kali, salah orang kali, karena gue kepo gue buka aja webnya eh ternyata emang bener gue keterima :’) terharu.. fathin juga keterima alhamdulillah ada temennya gue hahha btw dari kelas gue yang ikutang aslab cuma gue sama fathin terus untungnya kita berdua keterima juga :’)

nah setelah pengumuman itu kita disuruh kumpul di lab ada perkenalan satu sama lain dan sama dosen-dosennya terus juga ngomongin acara outbond biar kenal juga sama aslab yang dikampus kalimalang. fix tuh tanggalnya buat outbond 28feb-1maret cuma semalem doang sih di pondok lawu cisarua tapi seruuuuuuw bingits! selain kenalan sama temen baru gue juga jadi ngerasa punya keluarga baru. outbondnya main game-game kelompok gitu sih tapi seru bangets dan kelompoknya tuh ngacak banget nyampur sama anak kalimalang terus temen kamarnya juga beda lagi tapi untungnya gue sekamar sama fathin yaa mungkin kita memang jodoh, apa atuh kita mah bagaikan sendok dan garpu :’)

nah besok nih tanggal 21 april 2014 for the first time mulai kerja di labnya hmm semoga lancar selalu kedepannya amiiin ya Allah.

good luck for everyone

keep positive. love what you do

0

suka duka semester 5

halo… tiba-tiba pengen cerita padahal lagi ngerjain psikoterapi tapi break dulu deh. udah lama sih pengen cerita dan nulis di blog tapi baru sempet sekarang (gausah sok sibuk lu riz! wkwk)

iyaaa pengen ceritain pas semester 5 kemaren karna menurut gue paling banyak cerita dan pengalaman baru tapi bukan berarti semester yang kemaren-kemaren ga ada cerita seru hehe langsung deh.

menurut gue semester 5 itu semester yang superduper entahlah gue ga ngerti, yang pasti buanyaakkkkk tugas~ tapi disini gue mau ceritain tugas observasi wawancara gue aja ya because banyak keseruan dan “keseruan” hahaha. Jadi di semester 5 ini gue ada matkul observasi wawancara dan matkul ini ada praktikumnya, dimana kita dan teman-teman sekelompok harus buat laporan praktikum dari 3 judul yang terdiri dari 2 judul observasi (pio dan psi. pendidikan) dan 1 judulnya itu observasi mencakup wawancara juga (psi. klinis) daaaan harus ada subjeknya! okelah nih ya sekelas dibagi kelompoknya sangat ngacak padahal sebelumnya udah ngerencanain pengen sekelompok sama siapa aja, pokoknya gue sekelompok sama fatin, gema, adam dan aldi. dimulai dari diskusiin 3 judul yang tadi gue sebut itu, diajuin ke dosen bakal diterima apa ngga dan pengerjaannya. setelah 3 judul itu di acc dosen, sambil praktikum dan kuliah gue dan kelompok juga sambil ngerjain laporan itu.

banyak senior yang bilang kalo kelompok observasi wawancara ini bikin tau sifat temen sebenernya kayak gimana. contoh yang gue alamin sih gue bertemu sama orang yang perfeksionis. gue belum tau banget dong perfeksionis itu kayak gimana. oooh ternyata begitu yaa, everything you do must be perfect! tanpa bantuan orang lain pun doi bisa ngerjain semuanya, kerugiannya apa? temen-temennya yang lain kan jadi gatau apa-apa, namanya juga belajar ya kalo salah dan ga bisa saling kasih tau aja jangan pinter sendiri, bagi-bagi ilmunya insya Allah deh lu makin pinter sob, amin… sadly, salah satu temen kelompok gue sakit dan harus dirawat karna sakitnya itu sampe di operasi😦 so, gue dan 3 temen lainnya harus bekerja keras ngerjain laporannya.

hmm~ selama temen gue sakit itu banyak kabar ga enak deh tentang kelompok gue, gue sebel loh jujur, ya lu urusin aja kelompok dan laporan lu gausah ngurusin kelompok gue, kejadian ini bikin gue dan temen gue f perang dingin dikelas ga tegur sapa selama sebulan ada mungkin, astagfirullah… (tapi setelah itu langsung baikan gitu aja tanpa ada kata saling memaafkan). pada saat perang dingin itu pun, gue jadi makin tau sifat temen gue yang satu itu tuhhhhh dan pada saat yang sama mungkin gue sebel sama dia (maaf ya) (da ayeuna mah urang sabodo teuing jeung maneh wkwk). gue heran aja, disini kita semua cuma salah paham dan kurang komunikasi tapi karna lelah lemah letih lesu gara-gara tugas ini jadilah begitu.

oke dibalik kekesalan ini semua banyak juga cerita seru, yang pertama buat laporan psi. klinis gue subjeknya superduper hebat yaitu kak irfan. dia itu anak mapa dia kecelakaan kakinya patah😦 tapi dibalik itu semua dia bangkit dari kesedihannya dengan menulis buku dengan judul Tabah Sampai Akhir (kayaknya sekarang bukunya udah terbit) dan tetep naik gunung. proses wawancaranya di mcd sambil direkam suara kita semua karna bakal dibikin verbatim (percakapan dalam bentuk tulisan), gue yang ngedenger cerita dia rasanya pengen nangis tapi merinding juga dengernya karna keren menurut gue. kita sebagai manusia yang masih lengkap anggota tubuhnya harus lebih banyak bersyukur kita bisa melakukan aktivitas sesuka kita tanpa batas karna buat kalian yang sering ngeluh kalian harus malu sama kak irfan karna dia aja yang disable masih tetep bisa melakukan banyak aktivitas apalagi naik gunung ckck supersekali!

terus yang observasi gue tentang pendidikan itu gue observasinya di sekolah gratis buat orang-orang ga mampu. sediiiiih banget ngeliat mereka ga tega juga, sebagian dari mereka setelah pulang sekolah masih ada aja yang ngamen. malahan subjek gue dipaksa ngamen sama orangtuanya ga dibolehin sekolah tapi neneknya yang bawa di ke sekolah dan harus tetep sekolah. semangat buat sekolahnya juga tinggi. tapi sedihnya lagi dia dibawa pergi pindah rumah sama orangtuanya dan ga sekolah disitu lagi. sekali lagi kita yang masih cukup untuk menjalani hidup dan melanjutkan sekolah kita sampai sarjana harus bener-bener bersyukur, jangan kebanyakan ngeluh karna subjek gue yang ga dibolehin sekolah aja semangat banget kalo ke sekolah.

lalu…gue dan 3 temen kelompok gue makin akrab karna udah pahamlah sifat masing-masing. sampe-sampe gue, adam dan aldi sempet jalan-jalan kerumah fatin demi ngerjain tugas individu yang lain. rencananya sih mau janjian di kampus tapi fatin tiba-tiba ga bisa dong gara-gara dia sakit perut lagi dapet. alhasil pergilah kita bertiga kerumah fatin yang entalah gue gatau dimana pokoknya di salemba hahaha adam pun gatau yah apalagi aldi doi mah orang padang haha. mulai dari naik kereta yang lumayan penuh ya siang bolong turun di cikini bingung tuh soalnya disuruh naik kopaja atau angkot sama fatin tapi gue gamau karna gue takut dan ga ngerti naik kopaja atau angkot di jakarta (maap ya norak) lalu 2 anak cowok itu pun jadi ngikutin gue. selagi jalan kaki dan mikir juga mau naik apa, ada 2 pilihan naik bajaj atau naik taksi hahahaha gaya. akhirnya kita naik bajaj (asikk kesampen juga, udah lama ga naik bajaj dengan sensasinya yang aduhai) sempit-sempitan dan panas banget ya bo~ sampe rumah fatin langsunglah kita ngerjain tugas eh ga deng minum sama makan dulu hehehe. abis itu baru ngerjain tugasnya sambil pusing-pusing, ketawa-ketiwi, gosip-gosip, kesel-kesel, terus aja gitu dirumah fatin sampe jam 7 barulah kita pulang. sebenernya gue bete, gue udah pengen pulang dari jam 5 tapi tugas belum selesai jadi aja pulang jam 7. kenapa gue bete dan pengen pulang jam 5? karna gue sebagai penumpang kereta yang sudah berpengalaman wkwk -_- gue tau kalo jam 7 itu penuh bingitsssss.

pulang dari rumah fatin naik bajaj lagi sempit-sempitan lagi ketawa-ketiwi lagi gara-gara adam bilang kita kayak percy jackson hahaha adam jadi percy jackson, gue yang cewek itu dan aldi yang jelmaan kambing wkwk untung dia gatu filmnya jadi ga marah. sampelah kita di stasiun manggarai, males ya ngeliat kereta penuh gitu tapi mau gamau harus naik dong karna harus pulang. dan keesokan harinya aldi sama adam bilang sama gue gamau naik kereta lagi hahahha baru juga segitu.

oke ini akhir dari cerita gue selama semester 5 yang supersibuk jarang main sama temen sekampus dan jarang ketemu pacar padahal sekampus wkwk tapi dari semua ini diambil positifnya aja ya dari tiap cerita. yang buruk dari baian cerita ini jangan ditiru yaa. apapun kejadiannya, senang sedih kesel marah capek pasti ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil. terima kasih🙂

0

A CV that Gets You the Job

sangat bermanfaat!🙂 thank you Marissa Anita

MARISSA ANITA

Beberapa waktu lalu, saya pernah men-tweet pentingnya pendidikan demi menjaga kestabilan ekonomi. Ada yang setuju, ada yang tidak. Namun ada satu komentar yang membuat saya berpikir. Ia mengatakan bahwa jaman sekarang susah cari kerja meski memegang gelar sarjana. Kemudian saya membayangkan, jika saya menjadi kepala Human Resource Development (HRD) sebuah perusahaan, apalagi kalau perusahaan itu “seksi” atau menjadi target banyak fresh graduates, saya pasti akan menerima ratusan bahkan mungkin ribuan CV dalam sebulan. Saya tidak akan punya waktu untuk benar-benar membaca seksama setiap CV di meja dan akhirnya banyak lulusan baru yang menganggur. Lalu bagaimana kita bisa membuat CV kita menarik perhatian sang kepala HRD? Mungkin saya boleh berbagi sedikit bagaimana membuat CV yang mudah dibaca, alhasil eye-catching. 

Yang jelas, sebuah CV harus mampu menunjukkan kita adalah orang yang tepat untuk posisi yang kita incar. CV juga harus bisa menunjukkan kita punya pengalaman, kualifikasi dan keterampilan yang berguna untuk melaksanakan…

View original post 230 more words

0

tentang kebaikan

“You treat him/her well then they will treat you well too”, it doesn’t always work guys

iya emang kadang bener sama kalimat diatas. gue suka bingung aja kenapa bisa gitu ya. oke ini mungkin tentang tulus atau ikhlasnya kebaikan. kita emang ga pernah tau orang itu baik memperlakukan kita atau kita memperlakukan baik orang dengan tulus/ikhlas atau engga. atau mungkin kita hanya mengharapkan diperlakukan baik juga karena kita sudah memperlakukan orang dengan baik.

tapi setelah kita memperlakukan orang dengan baik tidak dengan langsung kita mendapat balasan perlakuan yang baik dari orang tersebut, mungkin bisa saja kita mendapat balasan perlakuan yang baik dari orang lain. ya sama aja kayak rezeki. kita memberi sedekah dengan ikhlas dan Allah akan memberi balasan yang setimpal atau bahkan lebih ke kita mungkin dalam bentuk lain. yang perlu diingat, jangan mengharap balasannya dulu yang penting kita udah berusaha sebaik mungkin🙂

mungkin segitu aja deh ya, maaf kalo ada kata-kata yang kurang paham.

Rizka Maulidiasari

3PA04-18511237 (pengulangan kelas IBD 1PA06)

0

just share. love yourself

gue pengen sedikit cerita aja (maap ya kali-kali curhat boleh kan ya? *peace*) okey gue pengen ngomongin tentang bakat. disini siapa yang punya bakat? bakat akademik, seni, atau yang lain? angkat laptopnya!  gue punya bakat ga? yup itu yang gue pikirin hahahaha! sepertinya gue ga punya bakat dari kayak bakat menggambar, menyanyi, melukis, main alat musik, nari atau bakat dalam bidang akademik. well, gue sebenernya biasa aja dalam bidang akademik huehehe ini ga merendah kok ini beneran wkwkwk. padahal ya bokap gue tuh jago gambar tapi kok ga menurun ke gue ya? dan emang sih mungkin ga ada darah seni juga di keluarga gue.

gue kadang suka mikir kok gue ga punya bakat apa gimana ya kayaknya gue ga bisa apa-apa. gue juga suka iri sama temen-temen gue yang punya bakat keren gitu. yang bakatnya bisa tersalurkan jadi hobi bahkan mungkin suatu hari bakat lo menjadi mata pencaharian lo. hmm kok gue sebagai calon psikolog begini amat ya, seharusnya sebagai calon psikolog yang baik dan bijaksana (HAHAHA, amin!) ga boleh pesimis atau menunjukkan kalo gue pesimis.

yaa namanya juga psikolog kan harus memotivasi, memberi kata-kata, masukan atau sugesti yang baik dan positif kepada klien. nah masa gue sendiri malah pesimis sama diri sendiri, apakah nanti klien gue percaya sama gue? harusnya tanamkan kata-kata, kalimat-kalimat atau pikiran positif di diri kita nanti pasti kita bakalan ngeluarin energi postif juga because “pikiran positif energi positif”🙂

walaupun kita ngerasa kita ga punya bakat atau sesuatu yang bisa di explore jangan bersedih atau pesimis sama diri kita. kita harus yakin kalo kita masih punya kelebihan yang lain yang ada di diri kita, mungkin dari attitude kita🙂

love yourself first🙂 don’t be afraid to be different and unique. don’t wanna be someone else because someone else is already taken (kalo ga salah sih gitu bahasa inggrisnya, semoga ga salah hahahaha)  cukup sekian dan terima kasih. maaf kalo ada salah-salah kata yaa

Rizka Maulidiasari

3PA04-18511237 (pengulangan kelas IBD 1PA06)

0

psi. manajemen (minggu 15)

15. komunikasi dalam manajemen

A.      Komunikasi Interpersonal Efektif

Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi diantara seseorang dengan paling kurang seorang lainnya atau biasanya di antara dua orang yang dapat langsung diketahui balikannya. (Muhammad, 2005,p.158-159).
Komunikasi dapat di katakan efektif apabila pesan diterima dan dimengerti sebagaimana di masut oleh pengirim pesan,pesan di tindak lanjuti dengan sebuah perbuatan secara suka rela oleh penerima pesan,dapat meningkatkan kualitas hubungan antar pribadi,dan tidak ada hambatan untuk itu.
Lebih lanjut Devito memberikan pendapatnya tentang pengertian komunikasi antar pribadi (Interpersonal Communication), dan membedakannya berdasarkan 3 (tiga) hal, yaitu; definisi berdasarkan komponen (Componential Definition), definisi berdasarkan hubungan (Relational “Diadic” Definition), dan definisi berdasarkan hubungan (Developmental Definition) .
a.       Definisi berdasarkan komponen (Componential Definition)
Definisi bedasarkan komponen menjelaskan komunikasi antar pribadi dengan mengamati komponen-komponen utamanya, yaitu penyampaian pesan oleh salah satu orang dan penerimaan pesan oleh orang lain atau sekelompok kecil orang, dengan berbagai dampaknya dan dengan peluang untuk memberikan umpan balik segera.
b.      Definisi berdasarkan hubungan (Relational ” Diadic” Definition)
Dalam definisi ini komunikasi antar pribadi merupakan komunikasi yang berlangsung antara dua orang yang mempunyai hubungan yang mantap dan jelas. Dengan definisi ini hampir tidak mungkin ada komunikasi diadik (dua orang) yang bukan komunikasi antar pribadi. Hampir tidak terhindarkan, selalu ada hubungan tertentu antara dua orang yang saling berkomunikasi. Adakalanya definisi hubungan diperluas sehingga mencakup juga sekelompok kecil orang, seperti anggota keluarga atau kelompok-kelompok yang terdiri atas tiga atau empat orang.
c.       Definisi berdasarkan pengembangan (Developmental Definition)
Dalam ancangan pengembangan (developmental), komunikasi antar pribadi dilihat sebagai akhir perkembangan dari komunikasi yang bersifat tak-pribadi (impersonal) pada suatu ekstrim menjadi komunikasi pribadi atau intim pada ekstrim yang lain.
 
B. Model Pengolahan Informasi
model pengolahan informasi dibawah ini ada 4 yaitu:
1. Rational
2. Limited capacity
3. expert
4. cybernetic
 
C. Model Interaktif Manajemen
 
1.            Confidence
Dalam manajemen timbulnya suatu interaksi karena adanya rasa nyaman. Kenyamanan tersebut dapat membuat suatu organisasi bertahan lama dan menimbulkan suatu kepercayaan dan pengertian.
2.            Immediacy
Ini adalah model organisasi yang membuat suatu organisasi tersebut menjadi segar dan tidak membosankan
3.            Interaction management
Adanya berbagai interaksi dalam manajemen seperti mendengarkan dan juga menjelaskan kepada berbagai pihak yang bersangkutan
4.            Expressiveness
Mengembangkan suatu komitmen dalam suatu organisasi dengan berbagai macam ekspresi perilaku.
5.            Other-orientation
 
Daftar Pustaka
 
Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu, Edisi Pertama
 
Anggota IKAPI. 1987. Komunikasi Mengena. Yogyakarta: Kanisius

Citrobroto, Suhartin. 1989. Prinsip-prinsip dan Teknik Berkomunikasi. Jakarta: PT Citra Aditya Bakti

0

psi. manajemen (minggu 14)

14. komunikasi dalam manajemen

A.    Definisi Komunikasi

Komunikasi merupakan Ketrampilan Prioritas diurutan pertama jika Anda menginginkan Sukses dalam Karir dan Kehidupan. Komunikasi dapat disebutkan bahwa Pemberitahuan atau Pertukaran yang bersifat Bersama-sama.  Komunikasi terdiri dari Pembawa Pesan, Isi Pesan, Media, Penerima Pesan dan Pengetian atau Pemahaman  masing-masing Pihak.
 
B.     Proses Komunikasi 
Komunikasi memiliki hubungan yang erat sekali dengan kepemimpinan, bahkan dapat dikatakan bahwa tiada kepemimpinan tanpa komunikasi. Apalagi syarat seorang pemimpin selain ia harus berilmu, berwawasan kedepan, ikhlas, tekun, berani, jujur, sehat jasmani dan rohani, ia juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi, sehingga Rogers (1969:180) mengatakan “Leadership is Communication. Kemampuan berkomunikasi akan menentukan berhasil tidaknya seorang pemimpin dalam melaksanakan tugasnya. Setiap pemimpin (leader) memiliki pengikut (flower) guna meralisir gagasannya dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Disinilah pentingnya kemampuan berkomunikasi bagi seorang pemimpin, khususnya dalam usaha untuk mempengaruhi prilaku orang lain. Inilah hakekatnya dari suatu manajemen dalam organisasi. Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasisan, pengarahan dan pengawasan dengan memberdayakan anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan (Handoko, 2003: 8). Menajemen sering juga didefinisikan sebagai seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain. Para manejer mencapai tujuan organisasi dengan cara mengatur orang lain untuk melaksanakan tugas apa saja yang mungkin diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut (Stoner, 1996 : 7) 
Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi, karena tanpa manajemen, semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit. Paling kurang ada tiga alasan utama mengapa manajemen itu dibutuhkan. Pertama : Untuk mencapai tujuan. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan suatu organisasi dan pribadi; kedua : 2 
Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran dan kegiatan-kegiatan dari pihak yang berkepentingan dalam organisasi, seperti pemilik dan karyawan, maupun kreditur, pelanggan, konsumen, supplier, serikat kerja, assosiasi perdagangan, masyarakat dan pemerintah. Ketiga : Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Suatu kerja organisasi dapat diukur dengan banyak cara yang berbeda. Salah satu cara yang umum adalah efisiensi dan efektivitas. B. Komunikasi Dalam Organisasi Komunikasi dalam organisasi adalah : Komunikasi di suatu organisasi yang dilakukan pimpinan, baik dengan para karyawan maupun dengan khalayak yang ada kaitannya dengan organisasi, dalam rangka pembinaan kerja sama yang serasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi (Effendy,1989: 214). Manajemen sering mempunyai masalah tidak efektifnya komunikasi. Padahal komunikasi yang efektif sangat penting bagi para manajer, paling tidak ada dua alasan, pertama, komunikasi adalah proses melalui mana fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dapat dicapai; kedua, komunikasi adalah kegiatan dimana para manejer mencurahkan sebagian besar proporsi waktu mereka. Proses Komunikasi memungkinkan manejer untuk melaksanakan tugas-tugas mereka. Informasi harus dikomunikasikan kepada stafnya agar mereka mempunyai dasar perencanaan, agar rencana-rencana itu dapat dilaksanakan. Pengorganisasian memerlukan komunikasi dengan bawahan tentang penugasan mereka. Pengarahan mengharuskan manejer untuk berkomunikasi dengan bawahannya agar tujuan kelompo dapat tercapai. Jadi seorang manejer akan dapat melaksanakan fungsi-fungsi manajemen melalui interaksi dan komunikasi dengan pihak lain. Sebahagian besar waktu seorang manejer dihabiskan untuk kegiatan komunikasi, baik tatap muka atau melalui media seperti Telephone, Hand Phone dengan bawahan, staf, langganan dsb. Manejer melakukakan komunikasi tertulis seperti pembuatan memo, surat dan laporan-laporan. 
 
C.    Hambatan komunikasi
Di dalam komunikasi selalu ada hambatan yang dapat mengganggu kelancaran jalannya proses komunikasi. Sehingga informasi dan gagasan yang disampaikan tidak dapat diterima dan dimengerti dengan jelas oleh penerima pesan atau receiver.
Menurut Ron Ludlow & Fergus Panton, ada hambatan-hambatan yang menyebabkankomunikasi tidak efektif yaitu adalah (1992,p.10-11) :

1. Status effect
Adanya perbedaaan pengaruh status sosial yang dimiliki setiap manusia.Misalnya karyawan dengan status sosial yang lebih rendah harus tunduk dan patuh apapun perintah yang diberikan atasan. Maka karyawan tersebut tidak dapat atau takut mengemukakan aspirasinya atau pendapatnya.
2. Semantic Problems
Faktor semantik menyangkut bahasa yang dipergunakan komunikator sebagai alat untuk menyalurkan pikiran dan perasaanya kepada komunikan. Demi kelancaran komunikasi seorang komunikator harus benar-benar memperhatikan gangguan sematis ini, sebab kesalahan pengucapan atau kesalahan dalam penulisan dapat menimbulkan salah pengertian (misunderstanding) atau penafsiran (misinterpretation) yang pada gilirannya bisa menimbulkan salah komunikasi (miscommunication). Misalnya kesalahan pengucapan bahasa dan salah penafsiran seperti contoh : pengucapan demonstrasi menjadi demokrasi, kedelai menjadi keledai dan lain-lain.
3. Perceptual distorsion
Perceptual distorsion dapat disebabkan karena perbedaan cara pandangan yang sempit pada diri sendiri dan perbedaaan cara berpikir serta cara mengerti yang sempit terhadap orang lain. Sehingga dalam komunikasi terjadi perbedaan persepsi dan wawasan atau cara pandang antara satu dengan yang lainnya.
4. Cultural Differences
Hambatan yang terjadi karena disebabkan adanya perbedaan kebudayaan, agama dan lingkungan sosial. Dalam suatu organisasi terdapat beberapa suku, ras, dan bahasa yang berbeda. Sehingga ada beberapa kata-kata yang memiliki arti berbeda di tiap suku. Seperti contoh : kata “jangan” dalam bahasa Indonesia artinya tidak boleh, tetapi orang suku jawa mengartikan kata tersebut suatu jenis makanan berupa sup.
5. Physical Distractions
Hambatan ini disebabkan oleh gangguan lingkungan fisik terhadap proses berlangsungnya komunikasi. Contohnya : suara riuh orang-orang atau kebisingan, suara hujan atau petir, dan cahaya yang kurang jelas.
6. Poor choice of communication channels
Adalah gangguan yang disebabkan pada media yang dipergunakan dalam melancarkan komunikasi. Contoh dalam kehidupan sehari-hari misalnya sambungan telephone yang terputus-putus, suara radio yang hilang dan muncul, gambar yang kabur pada pesawat televisi, huruf ketikan yang buram pada surat sehingga informasi tidak dapat ditangkap dan dimengerti dengan jelas.
7. No Feed back
Hambatan tersebut adalah seorang sender mengirimkan pesan kepada receiver tetapi tidak adanya respon dan tanggapan dari receiver maka yang terjadi adalah komunikasi satu arah yang sia-sia. Seperti contoh : Seorang manajer menerangkan suatu gagasan yang ditujukan kepada para karyawan, dalam penerapan gagasan tersebut para karyawan tidak memberikan tanggapan atau respon dengan kata lain tidak peduli dengan gagasan seorang manajer.

 
DAFTAR PUSTAKA

1. Effendy, Onong Uchjana, Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya 
2. Cangara, Hafidz,2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
3. Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda.

4. Sendjaja,Sasa Djuarsa,1994,Pengantar Komunikasi,Jakarta: Universitas Terbuka. 
5. Wiryanto, 2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Grasindo.