Evolusi dari Web

Pada tanggal 6 Agustus 1991, tepat dua puluh tahun lalu, World Wide Web menjadi tersedia untuk umum. Penciptanya, sekarang dikenal secara internasional Tim Berners-Lee, posted ringkasan pendek dari proyek di newsgroup alt.hypertext dan melahirkan sebuah teknologi baru yang secara fundamental akan mengubah dunia seperti yang kita tahu itu.

World Wide Web memiliki dasar dalam pekerjaan yang Berners-Lee lakukan di tahun 1980-an di CERN, Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir. Dia telah mencari cara bagi fisikawan untuk berbagi informasi di seluruh dunia tanpa semua menggunakan jenis yang sama dari perangkat keras dan perangkat lunak. Hal ini memuncak pada tahun 1989 makalahnya mengusulkan ‘Sebuah database link hypertext besar dengan mengetik’.

Pada tahun 1990, bekerja pada komputer yang dibangun oleh NeXT, perusahaan Steve Jobs meluncurkan setelah didorong keluar dari Apple di pertengahan 80-an, Berners-Lee mengembangkan perangkat lunak browser Web pertama disebut, pantas, WorldWideWeb . Pada akhir tahun itu ia memiliki prototipe kerja Web berjalan pada server di CERN.

Pada tanggal 6 Agustus 1991, World Wide Web pergi hidup untuk dunia. Tidak ada gembar-gembor di media global. Pada kenyataannya, kebanyakan orang di seluruh dunia bahkan tidak tahu apa internet itu. Bahkan jika mereka lakukan, revolusi Web mengantar masih tapi binar di mata Tim Berners-Lee. Sebaliknya, peluncuran ditandai dengan cara posting singkat dari Berners-Lee pada newsgroup alt.hypertext, yang diarsipkan sampai hari ini di Google Groups. Proyek WWW menggabungkan teknik informasi pengambilan dan hypertext untuk membuat sebuah sistem informasi yang mudah namun kuat global.

Dari sinilah, hal-hal mulai berkembang pesat untuk Web. Pada tahun 1993, diumumkan oleh CERN bahwa World Wide Web bebas untuk semua orang untuk menggunakan dan mengembangkan, tanpa biaya yang harus dibayarkan – faktor kunci dalam dampak transformasional akan segera ada di dunia.

Sementara sejumlah aplikasi browser dikembangkan selama dua tahun pertama Web, itu bisa dibilang Mosaic yang memiliki dampak yang paling. Itu diluncurkan pada tahun 1993 dan pada akhir tahun yang tersedia untuk Unix, Commodore Amiga, Windows dan Mac OS. Browser pertama untuk secara bebas tersedia dan dapat diakses oleh publik, terinspirasi kelahiran dari browser komersial pertama, Netscape Navigator, sementara teknologi Mosaic melanjutkan untuk membentuk dasar dari Internet Explorer Microsoft.

Web telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari – sesuatu yang kita akses di rumah, di perjalanan, pada ponsel kita dan di TV. Ini mengubah cara kita berkomunikasi dan telah menjadi faktor kunci dalam cara Internet telah mengubah ekonomi global dan masyarakat di seluruh dunia. Sir Tim Berners-Lee telah menerima gelar ksatria nya seribu kali, dan keputusan dari CERN untuk membuat Web benar-benar terbuka telah mungkin karunia yang terbesar bagi dunia.

Mana yang akan digunakan dua puluh tahun lagi? Web Semantic akan melihat metadata, yang dirancang untuk dibaca oleh mesin, bukan manusia, menjadi bagian yang lebih penting dari pengalaman online. Tim Berners-Lee menciptakan istilah ini, menggambarkannya sebagai “Sebuah web dari data yang dapat diproses secara langsung maupun tidak langsung oleh mesin,” – sebuah ‘grafik global raksasa’ data terkait yang akan memungkinkan aplikasi untuk secara otomatis menciptakan makna baru dari semua informasi di luar sana. Semua ini dan lebih dimungkinkan dengan Internet of Things, membantu untuk mengubah apa yang kita harapkan dari Web dan Internet. Kita tidak dapat memprediksi secara akurat apa yang masa depan akan terus untuk Web, tapi apa pun yang terjadi, itu tidak akan diam. Ini untuk dua puluh tahun mendatang. Selamat ulang tahun kedua puluh, World Wide Web!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s