Rahasia Keharmonisan Pasangan Menikah 87 Tahun yang Cetak Rekor Dunia

Kita hidup di masa dimana kesetiaan bagaikan barang langka yang sulit ditemukan. Pernikahan mungkin dijalani namun kesetiaan dan dedikasi kepada pasangan belum tentu terjadi. Pasti ada perselingkuhan diam-diam ataupun berpoligami.

Beda halnya dengan pasangan yang satu ini. Karam, 107 tahun dan istrinya, katari Chand, 100 tahun, membuktikan bahwa bahagia selamanya tidak hanya terjadi dalam cerita dongeng. Pasangan yang memiliki delapan anak dan 28 cucu dari pernikahannya telah menikah dan hidup bersama selama 87 tahun.

Apakah rahasianya? Karam mengakui bahwa ia pernah diberi tahu bahwa tertawa membuat umur panjang. Jadi ia selalu ingin membuat istrinya tertawa sehingga umurnya panjang dan terus menemaninya dalam hidup.

Tak hanya berbagi lelucon atau cerita lucu, mereka juga tetap melakukan rutinitas romantis yang terkesan sepele, misalnya makan malam romantis berdua. Pasangan asal Punjab, India yang kini menetap di Bradford, Inggris ini menjelaskan bahwa sangatlah penting untuk menjaga romantisme tetap hidup.

Katari mengatakan kepada situs Zossk Inggris, “Waktu aku masih muda, aku selalu buatkan dia makan malam sayuran segar. Kami vegetarian, jadi saya selalu membeli banyak sayuran segar dan memastikan ia makan masakan yang sehat.”

Karam juga percaya bahwa sering menghabiskan waktu bersama adalah kunci pernikahan bahagia. Ia mengaku tidak pernah terpisah satu sama lain dalam waktu yang lama. Mereka selalu bersama-sama kemanapun dan dimanapun.

Saat ini, Guinness World Record mencatat mereka adalah pasangan dengan pernikahan terlama kedua di dunia. Ada pasangan lain yang telah menikah lima tahun lebih lama dari mereka, ungkap Dailymail.

Saat ditanyakan apa yang menjadi kunci pernikahan yang langgeng, Karam kembali menjawab bahwa mendengarkan adalah jawabannya. “Di masa lalu, orang mendengarkan lebih baik. Sekarang, mereka terlalu sibuk bekerja, nonton TV dan hal-hal lain yang terjadi pada diri mereka,” ujarnya.

Hubungan adalah segala sesuatunya tentang mengerti pasangan, satu sama lain, mendengarkan permasalahan dan kekhawatiran mereka. Ia menambahkan, agar tiap pasangan mendengarkan pasangannya, tunjukkan minat tentang apa yang mereka ucapkan dan bantu mereka dalam permasalahan apapun.


source: http://wolipop.detik.com/read/2012/11/02/123240/2079662/854/rahasia-keharmonisan-pasangan-menikah-87-tahun-yang-cetak-rekor-dunia

terima kasih, kisah ini sangat menginspirasi saya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s