suka duka semester 5

halo… tiba-tiba pengen cerita padahal lagi ngerjain psikoterapi tapi break dulu deh. udah lama sih pengen cerita dan nulis di blog tapi baru sempet sekarang (gausah sok sibuk lu riz! wkwk)

iyaaa pengen ceritain pas semester 5 kemaren karna menurut gue paling banyak cerita dan pengalaman baru tapi bukan berarti semester yang kemaren-kemaren ga ada cerita seru hehe langsung deh.

menurut gue semester 5 itu semester yang superduper entahlah gue ga ngerti, yang pasti buanyaakkkkk tugas~ tapi disini gue mau ceritain tugas observasi wawancara gue aja ya because banyak keseruan dan “keseruan” hahaha. Jadi di semester 5 ini gue ada matkul observasi wawancara dan matkul ini ada praktikumnya, dimana kita dan teman-teman sekelompok harus buat laporan praktikum dari 3 judul yang terdiri dari 2 judul observasi (pio dan psi. pendidikan) dan 1 judulnya itu observasi mencakup wawancara juga (psi. klinis) daaaan harus ada subjeknya! okelah nih ya sekelas dibagi kelompoknya sangat ngacak padahal sebelumnya udah ngerencanain pengen sekelompok sama siapa aja, pokoknya gue sekelompok sama fatin, gema, adam dan aldi. dimulai dari diskusiin 3 judul yang tadi gue sebut itu, diajuin ke dosen bakal diterima apa ngga dan pengerjaannya. setelah 3 judul itu di acc dosen, sambil praktikum dan kuliah gue dan kelompok juga sambil ngerjain laporan itu.

banyak senior yang bilang kalo kelompok observasi wawancara ini bikin tau sifat temen sebenernya kayak gimana. contoh yang gue alamin sih gue bertemu sama orang yang perfeksionis. gue belum tau banget dong perfeksionis itu kayak gimana. oooh ternyata begitu yaa, everything you do must be perfect! tanpa bantuan orang lain pun doi bisa ngerjain semuanya, kerugiannya apa? temen-temennya yang lain kan jadi gatau apa-apa, namanya juga belajar ya kalo salah dan ga bisa saling kasih tau aja jangan pinter sendiri, bagi-bagi ilmunya insya Allah deh lu makin pinter sob, amin… sadly, salah satu temen kelompok gue sakit dan harus dirawat karna sakitnya itu sampe di operasi😦 so, gue dan 3 temen lainnya harus bekerja keras ngerjain laporannya.

hmm~ selama temen gue sakit itu banyak kabar ga enak deh tentang kelompok gue, gue sebel loh jujur, ya lu urusin aja kelompok dan laporan lu gausah ngurusin kelompok gue, kejadian ini bikin gue dan temen gue f perang dingin dikelas ga tegur sapa selama sebulan ada mungkin, astagfirullah… (tapi setelah itu langsung baikan gitu aja tanpa ada kata saling memaafkan). pada saat perang dingin itu pun, gue jadi makin tau sifat temen gue yang satu itu tuhhhhh dan pada saat yang sama mungkin gue sebel sama dia (maaf ya) (da ayeuna mah urang sabodo teuing jeung maneh wkwk). gue heran aja, disini kita semua cuma salah paham dan kurang komunikasi tapi karna lelah lemah letih lesu gara-gara tugas ini jadilah begitu.

oke dibalik kekesalan ini semua banyak juga cerita seru, yang pertama buat laporan psi. klinis gue subjeknya superduper hebat yaitu kak irfan. dia itu anak mapa dia kecelakaan kakinya patah😦 tapi dibalik itu semua dia bangkit dari kesedihannya dengan menulis buku dengan judul Tabah Sampai Akhir (kayaknya sekarang bukunya udah terbit) dan tetep naik gunung. proses wawancaranya di mcd sambil direkam suara kita semua karna bakal dibikin verbatim (percakapan dalam bentuk tulisan), gue yang ngedenger cerita dia rasanya pengen nangis tapi merinding juga dengernya karna keren menurut gue. kita sebagai manusia yang masih lengkap anggota tubuhnya harus lebih banyak bersyukur kita bisa melakukan aktivitas sesuka kita tanpa batas karna buat kalian yang sering ngeluh kalian harus malu sama kak irfan karna dia aja yang disable masih tetep bisa melakukan banyak aktivitas apalagi naik gunung ckck supersekali!

terus yang observasi gue tentang pendidikan itu gue observasinya di sekolah gratis buat orang-orang ga mampu. sediiiiih banget ngeliat mereka ga tega juga, sebagian dari mereka setelah pulang sekolah masih ada aja yang ngamen. malahan subjek gue dipaksa ngamen sama orangtuanya ga dibolehin sekolah tapi neneknya yang bawa di ke sekolah dan harus tetep sekolah. semangat buat sekolahnya juga tinggi. tapi sedihnya lagi dia dibawa pergi pindah rumah sama orangtuanya dan ga sekolah disitu lagi. sekali lagi kita yang masih cukup untuk menjalani hidup dan melanjutkan sekolah kita sampai sarjana harus bener-bener bersyukur, jangan kebanyakan ngeluh karna subjek gue yang ga dibolehin sekolah aja semangat banget kalo ke sekolah.

lalu…gue dan 3 temen kelompok gue makin akrab karna udah pahamlah sifat masing-masing. sampe-sampe gue, adam dan aldi sempet jalan-jalan kerumah fatin demi ngerjain tugas individu yang lain. rencananya sih mau janjian di kampus tapi fatin tiba-tiba ga bisa dong gara-gara dia sakit perut lagi dapet. alhasil pergilah kita bertiga kerumah fatin yang entalah gue gatau dimana pokoknya di salemba hahaha adam pun gatau yah apalagi aldi doi mah orang padang haha. mulai dari naik kereta yang lumayan penuh ya siang bolong turun di cikini bingung tuh soalnya disuruh naik kopaja atau angkot sama fatin tapi gue gamau karna gue takut dan ga ngerti naik kopaja atau angkot di jakarta (maap ya norak) lalu 2 anak cowok itu pun jadi ngikutin gue. selagi jalan kaki dan mikir juga mau naik apa, ada 2 pilihan naik bajaj atau naik taksi hahahaha gaya. akhirnya kita naik bajaj (asikk kesampen juga, udah lama ga naik bajaj dengan sensasinya yang aduhai) sempit-sempitan dan panas banget ya bo~ sampe rumah fatin langsunglah kita ngerjain tugas eh ga deng minum sama makan dulu hehehe. abis itu baru ngerjain tugasnya sambil pusing-pusing, ketawa-ketiwi, gosip-gosip, kesel-kesel, terus aja gitu dirumah fatin sampe jam 7 barulah kita pulang. sebenernya gue bete, gue udah pengen pulang dari jam 5 tapi tugas belum selesai jadi aja pulang jam 7. kenapa gue bete dan pengen pulang jam 5? karna gue sebagai penumpang kereta yang sudah berpengalaman wkwk -_- gue tau kalo jam 7 itu penuh bingitsssss.

pulang dari rumah fatin naik bajaj lagi sempit-sempitan lagi ketawa-ketiwi lagi gara-gara adam bilang kita kayak percy jackson hahaha adam jadi percy jackson, gue yang cewek itu dan aldi yang jelmaan kambing wkwk untung dia gatu filmnya jadi ga marah. sampelah kita di stasiun manggarai, males ya ngeliat kereta penuh gitu tapi mau gamau harus naik dong karna harus pulang. dan keesokan harinya aldi sama adam bilang sama gue gamau naik kereta lagi hahahha baru juga segitu.

oke ini akhir dari cerita gue selama semester 5 yang supersibuk jarang main sama temen sekampus dan jarang ketemu pacar padahal sekampus wkwk tapi dari semua ini diambil positifnya aja ya dari tiap cerita. yang buruk dari baian cerita ini jangan ditiru yaa. apapun kejadiannya, senang sedih kesel marah capek pasti ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil. terima kasih🙂

Leave a Reply

